Valentine's Day Pumping Heart

Rabu, 25 Februari 2015

MALAIKAT SELALU BERSAMAKU



MALAIKAT SELALU BERSAMAKU
A.Memahami Makna Iman kepada Malaikat dan Tugas-tugasnya
1.Pengertian Iman kepada Malaikat
Iman secara bahasa artinya percaya atau yakin. Sedangkan dari segi istilah artinya meyakini setulus hati yang mengakar kuat, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dengan seluruh anggota badan. Kata malaikat berasal dari bahasa arab yaitu mala’ikah yang merupakan bentuk jamak dari kata malak yang terambil dari kata la’aka yang berarti “menyampaikan sesuatu”.malak/malaikat adalah makhluk yang menyampaikan sesuatu dari Allah Swt.. Malaikat diciptakan oleh Allah swt dari cahaya,seperti yang diterangkan dalam hadits.
Iman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. menciptakan malaikat sebagai makhluk gaib yang diutusuntuk melaksanakan segala perintahnya.
2.Hukum beriman kepada Malaikat
            Hukum beriman kepada malaikat adalah fardu ‘ain. Beriman kepada malaikat merupakan salah satu dari rukun iman selain Iman kepada Allah, kitab-kitabnya, rasul-rasulnya, hari akhir, dan qada/qadar. Hal ini berdasarkan pada beberapa sumber dari al-qur’an dan hadis yaitu:
b. Q.S. an-Nisa’/4:136
c. Hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim
3. Tentang penciptaan Malaikat
            Sumber yang dapat dijadikan rujukan untuk mengetahui malikat adalah dengan berpedoman kepada al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah saw.
a.      Dalam sebuah hadis Rasulullah saw (HR. Muslim)
b.      Dalam Q.S. Fatir/35:1
Berdasarkan keterangan dalam Q.S. Fatir, dijelaskan bahwa malaikat adalah makhluk Allah swt. yang diciptakan dari nur atau cahaya dan memiliki sayap, sehingga jika ada keterangan lain yang menyatakan bahwa malaikat memiliki ciri-ciri yang tidak sesuai dengan keterangan dari al-Qur’an dan hadis, patutlah kita meragukannya.
4. Perbedaan Malaikat dengan Manusia dan Jin
            Dari segi asal kejadian, malaikat berbeda dengan manusia dan jin. Dan dari sifat dan ciri-cirinya, perbedaan malaikat, manusia, dan jin dapat dilihat dalam tabel berikut.
Malaikat
Manusia
Jin/Setan/Iblis
Gaib
Nyata
Nyata
Tidak memiliki nafsu
Memiliki nafsu
Memiliki nafsu
Selalu taat kepada Allah Swt.
Ada yang taat dan ada yang durhaka
Selalu durhaka kepada Allah Swt.
Tidak berjenis kelamin
Berjenis kelamin
Berjenis kelamin
Tidak makan, tidak minum, tidak tidur, dan tidak kawin.
Makan, minum, tidur,dan kawin
Makan, minum, tidur,dan kawin
Memiliki akal pikiran yang bersifat statis
Memiliki akal pikiran yang bersifat dinamis
Memiliki akal pikiran

0 komentar:

Posting Komentar